iPhone 6s sudah resmi dirilis! Tepat tanggal 9 September 2015, sesuai janjinya, Apple memperkenalkan rentetan produk terbarunya. Yang menjadi bintang dalam acara tersebut adalah Apple iPhone 6s yang hadir menggantikan posisi iPhone 6 sebagai smartphone terbaik milik Apple. Apa saja keunggulannya?

Material aluminium 7000

Jangan berharap Apple melakukan redesign pada Apple iPhone 6s. Smartphone ini masih terlihat sama, dimensi layarnya masih 4,7 inci. Hanya saja Apple kini menggunakan material yang lebih baik dari iPhone 6, yakni Aluminium 7000 yang membuatnya lebih kuat dari potensi bengkok yang sempat menerpa iPhone 6 Plusdulu. Dengan bodi aluminium 7000, ketebalan iPhone 6s kini sedikit bertambah, dari 6,9 mm menjadi 7,1 mm.

Prosesor baru Apple A9

applea9x
Saat memperkenalkan iPhone 6s, Applesebenarnya tak terlalu banyak mengulas sisi hardware. Namun bagi para calon penggunanya, sisi ini tetap menarik disimak. Pasalnya iPhone 6s dibekali prosesor generasi baru, Apple A9 yang diklaim Apple 70 persen lebih cepat dibanding prosesor Apple A8 yang digunakan iPhone 6. Apple juga mengklaim prosesor tersebut punya performa layaknya prosesor desktop PC.

Cara baru menggunakan layar sentuh

apple-3d-touch
Seperti yang sudah diramai diperbincangkan sebelumnya, fitur paling dinanti dari iPhone 6s adalah 3D Touch. Dengan 3D Touch, Anda bisa menyentuh layar iPhone 6s dengan tingkat tekanan yang berbeda-beda untuk menjalankan fungsi yang berbeda pula, tidak hanya sekadar menyentuh dan menekan seperti biasa. Fitur 3D Touch sendiri pertama kali digunakan pada Apple Watch.

Akhirnya, kamera beresolusi tinggi

kameraiphone6s
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Apple menyematkan kamera di atas 10 MP pada iPhone. Ya, iPhone 6s menjadi smartphone pertama yang menggunakan resolusi kamera setinggi 12 MP di belakang dan kamera 5 MP di depan. Menariknya, kamera utamanya bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan kualitas yang sangat baik, bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan profesional.

Langsung gunakan iOS 9

ios9iphone6s
Hardware baru, software baru. iPhone 6s bakal langsung mengusung sistem operasi iOS 9 sejak pertama kali dirilis nanti. Selain tampilan lebih menarik dan beberapa fungsi tambahan lainnya, iOS 9 jauh lebih ringan dan tidak rakus storage layaknya iOS 8.

Harga iPhone 6s

Bagi Anda yang sudah tidak sabar, rencananya Apple akan merilis dan menjual iPhone 6s ke pasaran pada akhir September. Ada tiga varian yang disediakan, yakni 16 GB (US$649), 64 GB (US$749), dan 128 GB (US$849) dengan pilihan warna silver, space gray, gold, dan rose gold.